Senin, 23 Oktober 2017

Presiden: Kita Harus Tuntaskan Agenda Konsolidasi Demokrasi

id presiden-mpr
Presiden: Kita Harus Tuntaskan Agenda Konsolidasi Demokrasi
Sidang Tahunan MPR 2017 Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ketua MPR Zulkifli Hasan (kiri) menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo tentang kinerja
"Dalam bidang politik, kita harus menuntaskan agenda konsolidasi demokrasi sehingga semakin terlembaga. Kita bersyukur telah mampu menyelenggarakan proses demokrasi di level lokal, pilkada serentak di 101 daerah pada tahun 2017, dengan aman dan dama"
Jakarta, Antara Sultra - Presiden Joko Widodo di Depan Sidang Tahunan MPR RI 2017, Rabu, mengatakan, di bidang politik agenda konsolidasi demokrasi harus dituntaskan.

"Dalam bidang politik, kita harus menuntaskan agenda konsolidasi demokrasi sehingga semakin terlembaga. Kita bersyukur telah mampu menyelenggarakan proses demokrasi di level lokal, pilkada serentak di 101 daerah pada tahun 2017, dengan aman dan damai," kata Presiden dalam pidatonya.

Sedangkan dalam bidang ideologi, menurut Presiden, kita harus terus memperkuat konsensus kebangsaan untuk menjaga Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Pemerintah telah menginisiasi pembentukan UKP-PIP untuk melakukan pembinaan ideologi Pancasila kepada seluruh lapisan rakyat, terutama generasi muda, penerus masa depan kita," katanya.

Presiden mengatakan selain pembangunan ideologi dan politik, juga tidak boleh melupakan pembangunan sosial dan kebudayaan. "Kita harus mendidik anak-anak kita menjadi generasi pelanjut sejarah yang cinta pada tanah airnya, memiliki etika, budi pekerti dan sopan santun, mempunyai karakter yang kuat dan tangguh," katanya.

"Kita juga terus membangun kebudayaan bangsa yang ber-bhinneka. Ekspresi seni dan budaya dari berbagai daerah di Nusantara harus terus dibangkitkan untuk memperkaya ke-Indonesia-an kita," katanya.

Pidato Presiden di Depan Sidang Tahunan MPR 2017, dihadiri oleh para mantan Presiden yaitu BJ Habibie dan Megawati Soekarno Putri, mantan Wakil Presiden yang hadir di antaran Try Sutrisno dan Boediono.

Selain itu dihadiri pula oleh istri mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid dan istri mantan Wakil Presiden Umar WIrahadikusumah, Karlina Wirahadikusumah.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga