Kamis, 21 September 2017

Puan: Tingkatkan Sinergi Pusat-daerah Bangun Kualitas Manusia

id puan
Puan: Tingkatkan Sinergi Pusat-daerah Bangun Kualitas Manusia
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, saat hadiri puncak peringatan Harganas XXIV di Bandar Lampung, Sabtu. (foto Antara/Suparman) (foto Antara)
Bandar Lampung, Antara Sultra - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani mengharapan antara pemerintah daerah dan pusat untuk selalu meningkatkan sinergitas dalam membangun kualitas manusia Indonesia.

"Pembangunan tidak di wilayah fisik saja, namun juga perlu membangun kualitas manusia Indonesia sehingga mampu berkompetisi di dalam dan luar Indonesia," kata Puan saat puncak peringatah Harganas XXIV di Bandar Lampung, Sabtu.

Ia mengatakan, program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga merupakan upaya pemerinta dalam membangun kualitas manusia Indonenia.

"Karena itu, perlunya membangun kembali program Keluarga Berencana tentunya tidak hanya menekankan pada upaya membatasi kelahiran namun membangun kualitas keluarga," kata Puan.

Kepala BKKBN Pusat Surya Chandra Surapaty dalam kesempatan itu melaporkan bahwa, terdapat beberapa rangkaian kegiatan memperingati Harganas XXIV tahun 2017 BKKBN mengadakan beragam kegiatan

"Kegiatan tersebut terdiri atas kegiatan pra Harganas dan puncak Harganas. Pada pra Harganas diselenggarakan kegiatan diantaranya sosialisasi mengenai harganas kepada para sineas muda, car free day di beberapa kota," katanya.

Selain itu kata Surya, kegiatan lain adalah pencanangan logo Harganas, penyerahan beasiswa, mudik bersama, bazar/ pasar murah, kegiatan pelayanan KB MKJP, IVA-test, dan papsmear, temu pengelola program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tingkat nasional.

"Kami berharap semoga Hari Keluarga Nasional XXIV ini dapat dijadikan pemersatu program yang menjadi daya ungkit bagi sinergitas antara BKKBN, Kementerian/Lembaga, Tim Penggerak PKK dan Pemerintah Daerah," katanya.

Bentuk nyata dari sinergitas tersebut antara lain dengan memberdayakan masyarakat desa dengan pelembagaan Kampung KB," katanya.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga