Kamis, 20 Juli 2017

5.000 Peserta Ikuti Senam Germas Harganas Lampung

id germas1
5.000 Peserta Ikuti Senam Germas Harganas Lampung
Senam GERMAS dalam rangka Hargamas XXIV diikuti 5.000 orang dari 34 provonsi se-Indonesia, di Bamdar Lampung, Jumat. (foto Antara/Suparman)
Bandar Lampung, Antara Sultra - Sebanyak 5000 peserta mengikuti senam Gerakan Masyarwkat Sehat (Germas) dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV di Lapangan Saburai Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Jumat.

Peserta senam Germas tersebut berasal dari perwakilan 34 provinsi, perwakilan 15 kabupaten kota se-Lampung, perwakilan mahasiswa kesehatan serta pelajar SMA di Bandar Lampung.

Senam Germas tersebut dihadiri oleh Gubernur Lampung, Ridho Ficardo, dan Forkopimda Lampung.

Sebelum senam Germas tersebut, telah dilakukan jalan sehat dengan rute star Lapangan Saburai dan finis juga di lapangan tersebut kemudian langsung dilakukan senam.

Senam tersebut mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pemarkarsa senam Germas dengan peserta provinsi terbanyak.

Ridho Ficardo mengapresiasi terlaksananya dan antusiasme peserta senam Germas tersebut yang diikuti perwakilan seluruh provinsi di Indonesia.

"Melalui kegiatan ini saya mengajak seluruh komponen masyarakat meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk menjadikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai kebutahan dan gaya hidup yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar," katanya.

Dikatakan, tujuan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini diharapkan memiliki dampak positif antara lain kesehatan masyarakat terjaga, produktifitas menjadi meningkat, kebersihan lingkungan dan kebutuhan biaya berobat bisa ditekan atau menjadi berkurang

"Kegiatan Germas dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, maupun menggunakan jamban," katanya.

Kepala BKKBN Sultra, Ali Ismail, beserta sekitar 300 lebih dari perwakilan Sultra ikut dalam jalan sehat dan senam Germas tersebut.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga