Kamis, 21 September 2017

Basarnas Kendari Evakuasi Kapal Mati Mesin

id basarnas
Basarnas Kendari Evakuasi Kapal Mati Mesin
Ilustrasi. (Foto ANTARA)
Kendari (Antara Sultra) - Tim Badan SAR Nasional Kendari, berhasil mengevakuasi kapal mati mesin di perairan Pulau Saponda setelah terombang-ambing karena mengalami mati mesin.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi, Kamis, mengatakan pada pukul 09.50 WITA, tim rescue dengan menggunakan RB210 berhasil menemukan KMN Lijah Jaya 02 sekaligus meralat nama kapal dirilis sebelumnya adalah KMN Liga Jaya 02 yang mengalami mati mesin di sekitar perairan barat Pulau Saponda Laut.

"Kapal tersebut berhasil ditemukan pada koordinat 03 52` 999" S - 122 48` 022" E dan langsung mengevakuasi seluruh kapal ke Pulau Saponda Darat dalam keadaan selamat," katanya.

Kapal mati mesin yang sudah dievakuasi tersebut memiliki 20 penumpang.

Dia mengatakan, pada pukul 12.50 WITA, kapal itu telah tiba di Dermaga Basarnas, sehingga setelah tiba RB 210 beserta tim rescue Basarnas Kendari di dermaga utama Basarnas kawasan timur Kendari maka operasi terhadap kapal mati mesin tersebut dinyatakan selesai dan ditutup.

Sebelumnya, pihak Basarnas Kendari pada pukul 07.45 WITA menerima informasi dari Bayu ABK kapal bahwa sejak pukul 02.00 WITA dini hari tadi KMN Lijah Jaya 02 GT 30 dengan rute Kendari-perairan Menui untuk mencari ikan mengalami mati mesin di sekitar perairan barat Pulau Saponda Laut.

Kemudian pada pukul 08.05 WITA, Tim Rescue Basarnas Kendari dengan menggunakan RB 210 diberangkatkan menuju tempat kejadian musibah untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga