Kamis, 20 Juli 2017

Penumpang Kapal Antarpulau Mulai Meningkat

id mudik
Penumpang Kapal Antarpulau Mulai Meningkat
Ilustrasi - Lonjakan penumpang saat mudik lebaran. (Foto ANTARA)
Kendari (Antara Sultra) - Jumlah penumpang kapal feri milik perusahaan pelayaran PT ASDP dengan kantor cabang di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai cenderung meningkat dari hari-hari biasanya.

"Meskipun libur pegawai masih empat atau lima hari lagi, namun persentase jumlah penumpang yang mudik sudah mulai terasa ramai di pelabuhan," kata Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara, Hado Hasina di Kendari, Senin.

Meski tidak disebut berapa persen kenaikan penumpang saat ini, namun dikatakan perusahaan milik negara PT. ASDP dengan menempatkan kapal feri di sejumlah rute sudah mengantisipasi jika terjadi lonjakan penumpang saat mudik lebaran maupun arus balik pada saat H-7 hingga H+5 Lebaran Idul Fitri 1438 hijriah.

Mantan Kadis PU Buton Utara mengatakan, perkirakan jalur pelabuhan yang paling padat saat arus mudik lebaran terjadi di pelabuhan prnyeberangan Torobulu-Tampo (Konawe Selatan-Muna).

Begitu pula dengan penyebarangan feri di Amolengo Moramo Konawe Selatan dan Labuan Buton Utara. Disamping itu, penyeberangan feri Kendari menuju Wawonii Konawe Kepulauan dan Wamengkoli Buton Tengah menuju Kota Baubau.

"Pengalaman selama beberapa tahun terakhir ini, jalur yang paling padat disaat menjelang lebaran adalah Tampo-Torobuli dan Amolengo- Labuan," ujar Hado.

"Dengan meningkatnya jumlah penumpang disaat menjelang lebaran nanti, otomatis penambahan trip penyeberang juga ditambah dari normanya tiga kali sehari menjadi tujuh hingga delapan kali," ujarnya.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga